Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Termokima Kelas XI SMA/MA

Afifah, Silfiyani (2019) Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Termokima Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_SILFIYANI_AFIFAH_15035063_5413_2019.pdf

Download (617kB) | Preview

Abstract

Literasi kimia merupakan suatu kemampuan dasar dalam memperoleh konsep dasar kimia secara makroskopik, mikroskopik dan simbolik serta proses memahami dan menggambarkan fenomena secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan membuat instrumen untuk mengukur penilaian literasi kimia di sekolah menengah atas pada materi termokimia dan menentukan tingkat validitas konten, validitas butir soal dan reliabilitas dari assesmen yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan Model Of Educational Reconstruction (MER). Langkah pertama yang dilakukan pada penelitian ini yaitu melakukan analisis terhadap kurikulum (kompetensi dasar, IPK), konten materi, konteks materi dan pembuatan draft instrumen tes.. Pada tahap kedua dilakukan validasi konten oleh Subject Matter Expert (SME) dan validasi butir soal oleh peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kisi-kisi soal dan soal-soal literasi kimia. Soal-soal tersebut divalidasi secara konten oleh tiga SME, validasi butir soal dan reliabilitas tes oleh 73 siswa/i dari SMAN 12 Padang dan SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Data hasil uji validitas konten dianalisis dengan menggunakan formula Aiken'V, data hasil uji validitas butir soal dan hasil uji reliabilitas tes dianalisis dengan menggunakan software Anates uraian. Rata-rata formula Aiken'V yang diperoleh dari tiga SME yaitu 0.85 dengan kategori valid. Rata-rata untuk validitas butir soal diperoleh tiga butir soal dengan kategori tidak signifikan, dua butir soal dengan kategori signifikan dan delapan butir soal dengan kategori sangat signifikan. Rata-rata untuk reliabilitas tes soal yaitu 0.96 dengan kategori sangat reliabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa assesmen literasi kimia ini valid dan reliabel digunakan dalam pembelajaran kimia kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25049

Actions (login required)

View Item View Item