Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi

Navis, Mutia Yussavel (2019) Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_MUTIA_YUSSAVEL_NAVIS_17175045_2193_2019.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengayaan di sekolah belum optimal dilakukan. Hal ini disebabkan kurang tersedianya sumber belajar yang memfasilitasi kegiatan tersebut, sehingga tidak terlatihnya keterampilan proses sains siswa sesuai dengan kebutuhan. Pemanfaatan teknologi merupakan suatu upaya yang dapat dilakukan untuk memfasilitasi kegiatan pengayaan tersebut. Salah satu sumber belajar yang bisa dikembangkan adalah e-modul. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis pendekatan CTL untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA pada materi hukum Newton tentang gerak dan gravitasi dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengembangan produk mengacu pada tahap ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan adalah instrumen studi pendahuluan, instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen keterampilan proses sains. Produk divalidasi oleh tenaga ahli dan diujicobakan ke sejumlah siswa SMA di Kota Padang dan Kota Padang Panjang. Uji efektivitas dilakukan di SMA Negeri 6 Padang. Hasil uji validitas dan praktikalitas produk dianalisis dengan formula Kappa Cohen’s. Hasil efektivitas dianalisis menggunakan n-gain dan bantuan software SPSS 16. Dari hasil penelitian diperoleh e-modul fisika berbasis pendekatan CTL untuk kegiatan pengayaan pada pembelajaran fisika. Temuan penelitian menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA kelas X. Oleh karena itu, e-modul fisika berbasis pendekatan CTL layak dipertimbangkan oleh guru untuk diimplementasikan dalam kegiatan pengayaan pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25044

Actions (login required)

View Item View Item