Peningkatan Kemampuan Menalar Matematika dan Self Convidence Siswa Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 04 Muaro Sei Lolo Kabupaten Pasaman

Wandra, Senovri (2019) Peningkatan Kemampuan Menalar Matematika dan Self Convidence Siswa Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas IV SDN 04 Muaro Sei Lolo Kabupaten Pasaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SENOVRI_WANDRA_14124045_533_2019.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Kemampuan menalar matematika dan self convidence siswa kelas IV SD SDN 04 Muaro Sei Lolo Kab. Pasaman masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil observasi dan analisis terhadap hasil pembelajaran berupa nilai ulangan. Permasalahan tersebut diatasi dengan penerapan Starategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menalar matematika dan self convidence siswa dengan SPBM. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 26 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan menalar matematika dan self convidence siswa dengan menggunakan SPBM. Peningkatan tersebut terlihat dengan terlatihnya siswa dalam proses belajar SPBM seperti: siswa terbiasa dihadapkan suatu masalah, menemukan sendiri pola untuk membuat generalisasi, bekerjasama menyelesaikan LKS dalam kelompok belajar, memberi penjelasan kepada teman dalam kelompok, menghargai pendapat teman, melaporkan hasil diskusi kelompok ke depan kelas, dan terlihatnya perubahan pada hasil belajar siswa. Di samping itu, siswa telah mampu bekerjasama dengan baik, bertanggung jawab, dan menghargai pendapat temannya. Pada siklus I, rata rata kemampuan menalar matematika siswa 66,46%; Siklus II, 76,13%. Tingkat self convidence siswa siklus I 63,12%. Pada siklus II 73,65%. Keberhasilan kemampuan penalaran dan self convidence siswa juga menyebabkan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar kognitif siswa 73,07%. Siklus II 80,77%. Dengan demikian, pembelajaran SPBM dapat meningkatkan kemampuan menalar matematika dan self convidence siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item