Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK-SMAK Padang

Yokri, Veggi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMK-SMAK Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_VEGGI_YOKRI_17205044_3816_2019.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMK. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD). Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yakni fase investigasi awal, fase pengembangan prototipe, dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilakukan pengumpulan data yang bertujuan sebagai dasar dalam merancang perangkat pembelajaran. Fase pengembangan prototipe bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sehingga menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis melalui tahapan evaluasi formatif, yaitu evaluasi sendiri, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan evaluasi kelompok besar. Pada fase penilaian dilakukan tes yang bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas perangkat pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas X. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik di kelas X dan pendidik matematika SMK-SMAK Padang Tahun Pelajaran 2018-2019. Instrumen yang digunakan selama penelitian berupa lembar observasi, pedoman wawancara, angket, lembar validasi perangkat pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. sebelum instrumen digunakan dalam pengumpulan data, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh validator. Hasil analisis terhadap data dari lembar validasi RPP dan LKPD matematika menunjukkan bahwa perangkat matematika berbasis inquiry yang dikembangkan telah valid dari segi isi dan konstruk. Perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry yang dikembangkan telah praktis dari segi keterlaksanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Hal ini didasari pada hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran, wawancara dengan peserta didik dan angket respon peserta didik. Selain itu, perangkat pembelajaran matematika berbasis inquiry juga telah efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik berdasarkan nilai yang telah diperoleh peserta didik setiap pertemuan dalam mengerjakan LKPD. Berdasarkan data hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilaksanakan yaitu 75% peserta didik mendapat nilai diatas KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 80.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:56
Last Modified: 04 Feb 2020 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25041

Actions (login required)

View Item View Item