Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash CS6 di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Pariaman

Yulia, Nilmala (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash CS6 di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NILMALA_YULIA_17124044 _4083_2019.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah mengubah cara kerja manusia menjadi otomatisasi/digitalisasi melalui inovasi-inovasi. Salah satu bentuk pengembangan revolusi industry ini adalah pada bidang teknologi. Teknologi sangatlah berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia dan ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Apa lagi pada zaman abad 21 teknologi semakin berkembang, dunia pendidikan mengharuskan guru mengajar menggunakan media-media pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik dalam menyerap pembelajaran yang diberikan. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, danefektif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi media. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari hasil belajar siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif dalam pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan karakteristik materi dalam media telah sesuai dengan kurikulum, desain dan layout yang jelas, kemudahan pengoperasian media, bahasa yang digunakan jelas, sederhana, ringkas, mudah dipahami, serta penyajiannya jelas disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hasil pengamatan dan angket menunjukkan bahwa media pembelajaran sudah praktis dengan karateristik memiliki materi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik dan dapat meningkatkan daya tarik/minat siswa untuk belajar. Selain itu, media yang dikembangkan juga telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS dengan tingkat ketuntasan belajar pada kelas uji coba sebesar 88,7% dan kelas penyebaran dengan nilai 87,25%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan software adobe flash CS6 di Kelas IV Sekolah Dasar yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:18
Last Modified: 04 Feb 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25038

Actions (login required)

View Item View Item