Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kuranji Kota Padang

Yayu, Doly Saputra (2019) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DOLY_SAPUTRA_YAYU_14086286_1034_2019.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan penulis terhadap proses belajar mengajar guru PJOK dalam kegiatan PBM di SD N se Kecamatan Kuranji kota padang. Berdasarkanobservasi awal penulis amati di SD N se Kecamatan Kuranji Kota Padang menunjukkan kurang optimalnya proses belajar mengajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuanpenelitianiniyaitu untuk mengetahui bagaimana proses belajar mengajar pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kuranji Kota Padang dalam merencanakan, melaksankan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaransesuaidengankurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD N se Kecamatan Kuranji Kota Padang yang terdaftar tahun ajaran 2018/2019 yang melaksanakan Kurikulum 2013 berjumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling. Instrumen untuk memperoleh data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik reduksi, display dan verifikasi data. Perencanaan kegiatan pembelajaraan dilakukan oleh guru dengan mempersiapkan RPP, menguasai materi ajar dan melengkapi bahan ajas seperti buku.Tetapi ada beberapa guru yang menggunakan RPP tahun ajaran sebelumnya dengan memperbaharui metode penyampaian dan tidak melenceng dari kurikulum.Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dilakukan oleh guru penjasorkes dengan pengelolaan kelas, strategi pembelajaran dan penggunan media ajar.Evaluasi Kegiatan Pembelajaran dilakukan oleh guru penjasorkes di sekolah dasar negeri se-kecamatan Kota Padang dengan cara menyiapkan terlebih dahulu KI dan KD yang ada dalam RPP. penilaian menggunakan tiga aspek yang telah ditentukan, yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan. Akan tetapi ada guru penjasorkes yang masih menggunakan aspek penilaian yang berdasarkan KTSP yaitu kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:18
Last Modified: 04 Feb 2020 03:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item