Dampak Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Kualitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 17 Padang

Annisa, Rizka (2019) Dampak Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Kualitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Tari di SMP Negeri 17 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIZKA_ANNISA_15023107_5697_2019.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan metode tutor sebaya terhadap kualitas belajar siswa pada pembelajaran tari di kelas VIII.5 SMP Negeri 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 17 Padang yang berjumlah 30 siswa dengan materi penerapan pola lantai pada gerak tari. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti lembar observasi, buku tulis, dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Tahap menganalisis data adalah koleksitas data, reduksi data, display dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran tari di kelas VIII. 5, sudah terlaksana dengan baik. Hasil yang dicapai siswa tuntas dalam materi pembelajaran tentang penerapan pola lantai pada gerak tari. Hal tersebut membuktikan bahwa dampak dari penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dalam pembelajaran tari di SMP Negeri 17 Padang dari segi teoritis. Meskipun terjadi permasalahan dalam pembelajaran mempraktekkan gerak tari, namun guru yang mengajar tetap mempunyai solusi untuk siswa, sehingga kualitas belajar siswa tetap meningkatkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:25
Last Modified: 04 Feb 2020 01:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25027

Actions (login required)

View Item View Item