Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA.

Pakesa, Cm Mulya (2019) Perancangan Assesmen Literasi Kimia Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_CM_MULYA_PAKESA_15035097_5492_2019.pdf

Download (589kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil Studi PISA, masih rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia. Rendahnya kemampuan literasi peserta didik hal ini dikarenakan pada kegiatan evaluasi pembelajaran, guru cendrung membuat soal uraian sederhana dan belum memuat aspek literasi kimia, selain itu juga guru cendrung lebih sering memuat soal hitungan, sehingga membuat peserta didik hanya dapat mengembangkan kemampuan matematis saja. Perancangan assesmen literasi kimia merupakan suatu inovasi dalam pendidikan yang menjadi salah satu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang assesmen literasi kimia pada materi laju reaksi pada kelas XI SMA/MA.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain MER (Model of Educational Reconstruction). Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 72 siswa. Untuk pengambilan sampel, pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan sampel diperoleh dari 2 sekolah menengah atas yang ada di kota Padang. Teknik analisis validitas konten assesmen literasi kimia ini menggunakan rumus Aiken V. Teknis analisis untuk analisis validitas item butir soal menggunakan sofwatre ANATES uraian serta untuk reliabilitas tes juga menggunakan software ANATES uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas konten assesmen literasi kimia ini pada kategori "valid" yaitu dengan nilai 0,85. Validitas item butir soal: 9 soal pada kategori sangat siginifikan, 1 soal pada kategori signifikan, 2 soal pada kategori tidak signifikan, dan 1 soal pada kategori NAN. Serta reliabilitas tes adalah 0,85. Dengan nilai tersebut sudah dikatakan bahwa tes sudah reliabel. Kata kunci: Assesmen, Literasi kimia, Laju Reaksi, Model of Educational Reconstruction, Aiken V.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 03 Feb 2020 02:39
Last Modified: 03 Feb 2020 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25019

Actions (login required)

View Item View Item