Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK N 1 Lahat.

Helvetia, Tania (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK N 1 Lahat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_TANIA_HELVETIA_15138119_1480_2019.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah banyaknya siswa yang memperoleh nilai rendah pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fisika pada siswa SMK N 1 Lahat. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2×2, yakni dengan memperhatikan kemungkinan adanya variabel moderator yang mempengaruhi penelitian (independent variable) terhadap hasil (dependent variable). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 587 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM 1 untuk kelas eksperimen dan X TKR 1 untuk kelas kontrol dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki tingkat kemampuan sama. Kelas X TSM 1 diberikan metode pembelajaran problem solving sedangkan kelas X TKR 1 diberikan metode pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian dengan menggunakan teknik anova dua jalur. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa: a) rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode problem solving, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, b). Rata-rata hasil belajar mata pelajaran fisika memiliki motivasi berprestasi lebih tinggi dibandingkan dengan rata – rata hasil belajar siswa memiliki motivasi rendah, c) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa di dalam mata pelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:51
Last Modified: 31 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25016

Actions (login required)

View Item View Item