Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2xll Kayutanam.

Yanti, Efri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2xll Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_EFRI_YANTI_15029030_5428_2019.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang perlu untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualaization dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih baik dibandingkan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan rancangan randomize control group only design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 2xl 1 Kayutanam tahun pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, didapatkan kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik, sehingga pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) lebih baik dibandingkan dengan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:51
Last Modified: 31 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item