Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Sistem Gerak untukPersertaDidik Kelas XI MIPA SMA.

Santoso, Kurniawan (2019) Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology sebagai Suplemen Pembelajaran pada Materi Sistem Gerak untukPersertaDidik Kelas XI MIPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KURNIAWAN_SANTOSO_15031015_5668_2019.pdf

Download (734kB) | Preview

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah memberikan dampak yang sangat signifikan ke semua aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Salah satu contoh pemanfaatan TI dalam proses pembelajaran yang sering digunakan adalah pemanfaatan e-learning. £-learning merupakan suatu operasi sistem yang memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran Salah satu media e-learning adalah Schoology. Schoology merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukkan untuk guru, peserta didik sekaligus orangtua peserta didik. Maka diperlukan pengembangan e- learning berbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran pada materi sistem gerak untuk peserta didik kelas XI MIPA SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-learning berbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran pada materi sistem gerak untuk peserta didik kelas XI MIPA SMA yang valid dan praktis Pengembangan media ini menggunakan tiga tahapan dari 4-D models yaitu de.fine, design, dan development. Objek penelitian ini adalah e-learning barbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran untuk peserta didik kelas XI MIPA. Media schoology divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru SMA Negeri 2 Kota Pariaman, selanjutnya dilakukan uji coba untuk mengetahui tingkat kepraktisan media schoology oleh guru dan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Kota Pariaman. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa hasil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 80.52 dengan kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-learning berbasis schoology dikembangkan valid baik dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikaan. Hasil praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata 85.79 untuk guru dengan kategori praktis dan 85.94 untuk peserta didik dengan kategori praktis. Maka dari itu, e-learning berbasis schoology sebagai suplemen pembelajaran pada materi sistem gerak untuk peserta didik kelas XI SMA sudah valid dan praktis untuk membantu proses pembelajaran. Kata Kunci: Esleaming, Schoology, Suplemen Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2020 06:51
Last Modified: 31 Jan 2020 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25014

Actions (login required)

View Item View Item