Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Masalah Pembelajaran Kalimat Pasif Bahasa Jepang pada Mahasiswa Tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP

Putri, Meira Anggia (2019) Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Masalah Pembelajaran Kalimat Pasif Bahasa Jepang pada Mahasiswa Tingkat III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP. In: Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang 1 (MINASAN-1) 2019, 22 Oktober 2019, Padang.

[img]
Preview
Text
MEIRA ANGGIA PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kalimat pasif bahasa Jepang merupakan salah satu materi yang dipelajari oleh pembelajar bahasa Jepang. Namun pembelajar bahasa Jepang sering mengalami kesulitan dalam memahami kalimat pasif bahasa Jepang. Sutedi (2015) menyatakan bahwa kalimat pasif bahasa Jepang merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh pembelajar bahasa Jepang. Permasalahan ini juga dialami oleh mahasiswa Prodi bahasa Jepang di UNP, dimana mahasiswa sering mengalami masalah dalam memahami dan memproduksi kalimat pasif bahasa Jepang baik lisan maupun tulisan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mempelajari kalimat pasif bahasa Jepang. Faktor-faktor penyebab permasalahan dalam pembelajaran terjadi secara internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Instrumen kuesioner. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa tingkat tiga prodi Pendidikan bahasa Jepang berjumlah 30 Orang, teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penyebab dominan dari masalah pembelajaran kalimat pasif bahasa Jepang pada faktor internal adalah kepercayaan diri, sedangkan dari faktor eksternal adalah lingkungan belajar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:06
Last Modified: 31 Jan 2020 02:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/25005

Actions (login required)

View Item View Item