Pengaruh Model Pembelaj a ran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 19 Padang.

Busra, Rahny (2019) Pengaruh Model Pembelaj a ran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 19 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RAHNY_BUSSA_15029078_5377_2019.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan dapat dikuasai o leh setiap peserta didik. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas IX SMPN 19 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Heads Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional kelas IX SMPN 19 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 19 Padang tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas IX.3 dan IX. I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis yang berbentuk soal essay. Data hasil tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf a = 0,05 diperoleh P-value = 0,006. P-value < a, maka pada taraf kepercayaan sekian, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional kelas IX SMPN 19 Padang. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:04
Last Modified: 31 Jan 2020 02:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item View Item