Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Handout Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Kota Solok.

Hidayat, Rahmat Trio (2019) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Handout Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RAHMAT_TRIO_HIDAYAT_1305722_5115_2019.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi Fisika siswa pada mata pelajaran Fisika belum sesuai dengan yang diharapkan, disebabkan karena penguasaan siswa terhadap materi Fisika masih kurang. Disamping itu model pembelajaran yang digunakan masih belum bervariasi dan bahan ajar belum sepenuhnya digunakan. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Handout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Handout Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X MIPA SMAN 2 Kota Solok. J enis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Kota Solok yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian adalah data pencapaian kompetensi siswa pada kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur kompetensi sikap, tes akhir untuk mengukur kompetensi pengetahuan, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Uji kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk nilai kompetensi masing-masing kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Sedangkan untuk kompetensi sikap menggunakan deskripsi data hasil dari setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kompetensi Fisika pada kedua kelas sampel untuk kompetensi sikap 81,74 dan 81,13. Kompetensi pengetahuan 80,40 dan 75,10 sementara untuk kompetensi keterampilan 83,53 dan 82,75 dari uji t, diperoleh thitung > ttabel sehingga hipotesis altematif diterima untuk kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dari uji t, diperoleh thuung > tiabel sehingga hipotesis altematif diterima. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Handout terhadap kompetensi Fisika siswa di kelas X MIPA SMAN 2 Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:17
Last Modified: 30 Jan 2020 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24996

Actions (login required)

View Item View Item