Tinjauan Koreografi Tari Selendang Dulang di Sanggar Anggar Nan Tujuah Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan

Rahayu, Ella Saimedita (2019) Tinjauan Koreografi Tari Selendang Dulang di Sanggar Anggar Nan Tujuah Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ELLA_SAIMEDITA_RAHAYU_15023090_5754_2019.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Koreografi Tari Selendang Dulang di Sanggar Anggar Nan Tujuah Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah mengumpulkan data, mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penataan tari yang dilakukan oleh koreografer Ramadhani sangat jelas baik dari aspek gerak, desain lantai, desain atas, komposisi kelompok, penari, musik, properti dan kostum. Aspek Ruang dengan volume besar dengan nama gerak Manaiakan Padi Kaunggua, Baja/an Diateh Pamatang, Mambantiang Kain. Pada volume kecil terdapat dalam nama gerak Mangirai Kain, Mangayak Padi.Buai Buai, Anak Main, Manokang Padi. Arah hadap terdapat ke depan pada gerak Serak Baniah, Buai Buai, Anak Main, Manjulang Padi, Manokang Padi. Gerak berputar terdapat nama Alang Babega, Puta Alang Babega. Level sedang terdapat pada gerak Alang Babega, Dayuang Suok Kida, Puta Alang Babega, Maragang Kain, Rantak Cupu Manampi Padi, Lenggang Karaia, Mangipeh Padi, Serak Baniah. Level tinggi terdapat pada gerak Alang Babega, Manaiakan Padi, Kaunggak, Buai Buai Manjulang Padi. Sedangkan level rendah pada gerak Dayuang Suok Kida, Mangirai Kain, Mangayak Padi. Aspek waktu terdapat tempo dan ritme sedang terdapat pada gerak Dayuang Suok Kida, Puta Alang Babega, Maragang Kain, Mambantiang Kain. Tempo lambat terdapat dalam gerak Alang Babega dan Sembah Penutup. Ritme tinggi, terdapat nama gerak Rantak Cupu, Manampi Padi, Lenggang Karaia, Manaiakan Padi Kaunggua, Serak Baniah , Buai Buai, Anak Main, Manjulang Padi, Manokang Padi. Desain lantai Tari Selendang Dulang terdiri dari garis lurus lengkung, garis lurus yang membentuk segi tiga, zig zag, belah ketupat, dan garis diagonal. Desain lantai garis lengkung membentuk lingkaran penuh dan setengah lingkaran. Secara keseluruhan koreografi terutama pada gerak tari enerjik dengan penggunaan ruang dan tenaga yang maksimal, melalui desain tertunda dengan properti selendang dan dulang, sangat harmonis dengan diiringi oleh alat musik gandang tambua dan tasa yang berperan penting dalam koreografi Tari Selendang Dulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:53
Last Modified: 30 Jan 2020 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item