Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12Xll Enam Lingkung pada Materi Keseimbangan Benda Tegar dan Elastisitas.

Andrias, Fadli (2019) Pengaruh Model Creative Problem Solving terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMAN 12Xll Enam Lingkung pada Materi Keseimbangan Benda Tegar dan Elastisitas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_FADLI_ANDRIAS_15033136_5586_2019.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Pencapaian Kompetensi Fisika siswa di kelas XI SMAN 1 2Xll Enam Lingkung belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, hal ini dikarenakan beberapa hal yakni kurangnya minat belajar dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana model Creative Problem Solving dapat meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Sehingga model ini mampu untuk meningkatkan pencapaian kompetensi fisika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment Research dengan rancangan penelitianRandomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 1 2X 11 Enam Lingkung yang terdaftar pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian meliputi kompetensi fisika siswa pada aspek pengetahuan dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk pencapaian kompetensi pengetahuan dan format observasi untuk keterampilan. Teknik analisis data untuk pencapaian kompetensi pada kedua aspek menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada dua aspek. Kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen, maka dilakukan uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t. Uji statistik t, didapatkan pencapaian kompetensi pengetahuan nilai thitung = 2,09 dan ttabel = 2,00, sedangkan pada keterampilan nilai thitung = 2,19 dan ttabel = 2,00. Dari pencapaian kompetensi pada kedua aspek didapatkan thitung> ttabel, maka thitung terletak di luar daerah penerimaan Ho yang berarti Hi diterima. Berdasarkan uji t pada taraf nyata 0,05 tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan model Creative Problem Solving terhadap pencapaian kompetensi fisika siswa kelas XI SMAN 1 2X 11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:53
Last Modified: 30 Jan 2020 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24980

Actions (login required)

View Item View Item