Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 11 Padang.

Nuri, Zuaidah (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ZUAIDAH_NURI_15029021_5429_2019.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh setiap peserta didik dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan penalaran matematika. Namun, pada kenyataannya kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VIII SMPN 11 Padang masih rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengasah kemampuan bemalamya. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran CORE. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional dikelas VIII SMPN 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 11 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelompok kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan penalaran matematika berbentuk soal uraian, yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P - value= 0,011. P - value < a, maka tolak H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran CORE lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:09
Last Modified: 30 Jan 2020 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24972

Actions (login required)

View Item View Item