Pengaruh Metode Latihan Beban Pyramid dan Pyramid Terbalik terhadap Hipertrofi Otot Lengan dan Paha. Studi Eksperimen pada Members Fitness Metro Gym Bandar Purus Kota Padang.

Indra, Indra (2019) Pengaruh Metode Latihan Beban Pyramid dan Pyramid Terbalik terhadap Hipertrofi Otot Lengan dan Paha. Studi Eksperimen pada Members Fitness Metro Gym Bandar Purus Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_INDRA_17199029_4580_2019.pdf

Download (748kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini berawal dari kurangnya pengetahuan Members Fitness Metro Gym Bandar Purus Kota Padang mengenai metode latihan beban dan menentukan program latihan yang teratur untuk menghasilkan Hipertrofi otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan beban Pyramid dan Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot lengan dan paha pada Members Fitness Metro Gym Bandar Purus Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah Members Fitness Metro Gym Bandar Purus Kota Padang yang terdaftar dari Bulan Desember 2018 s/d Maret 2019 dan aktif mengikuti latihan yang berjumlah 154 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, sehingga sampel berjumlah 24 orang. Hipertrofi otot lengan dan paha di ukur dengan pita meteran dan Skinfold. Hasil pengukuran Hipertrofi otot lengan dan paha menggunakan rumus MTC-(3,14.TSF). Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat pengaruh metode latihan beban Pyramid terhadap Hipertrofi otot lengan, dengan thitung = 18,57 > ttabel = 1,80, (2) terdapat pengaruh metode latihan beban Pyramid terhadap Hipertrofi otot paha, dengan thitung = 23,35 > ttabel = 1,80, (3) terdapat pengaruh metode latihan beban Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot lengan, dengan thitung = 7,84 > ttabel = 1,80, (4) terdapat pengaruh metode latihan beban Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot paha, dengan thitung = 7,90 > ttabel = 1,80, (5) metode latihan beban Pyramid memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan metode latihan beban Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot lengan, dengan thitung= 3,33 > ttabel = 1,72, dan (6) metode latihan beban Pyramid memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan metode latihan beban Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot paha, dengan thitung= 2,05 > ttabel = 1,72. Dengan kata lain, metode latihan beban Pyramid memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan metode latihan beban Pyramid terbalik terhadap Hipertrofi otot lengan dan paha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:14
Last Modified: 30 Jan 2020 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24969

Actions (login required)

View Item View Item