Pengaruh Penambahan Polietlen Glikol (Peg) Pada Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakterial Dari Air Kelap A (Cocos Nucifera)

Agustin, Tiara Angelina (2019) Pengaruh Penambahan Polietlen Glikol (Peg) Pada Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakterial Dari Air Kelap A (Cocos Nucifera). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_TIARA_ANGELINA_AGUSTIN_17036170_5493_2019.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Plastik merupakan polimer yang paling banyak digunankan dalam kehidupan dan menyebabkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian tentang plastik yang bersifat biodegradable dengan memanfaatkan selulosa bakterial yang dihasilkan oleh Acetobacter Xylinum dengan media air kelapa dan dengan penambahan plasticizer polietilen glikol. Penambahan plasticizer ini dilakukan dengan cara perendaman selulosa bakterial yang terbentuk dengan polietilen glikol yang kosentrasi dan berat molekulnya berbeda-beda yaitu; polietilen gliko glikol 400 3,5%; 7%; 10,5%; dan 14%, polietilen glikol 4000 I 0,5% dan polietilen glikol 6000 10,5%. Pada uji kandungan air dan derajat penggembungan, dimana semakin banyak kosentrasi dan berat molekul polietilen glikol maka semakin menurunnya kandungan air dan derajat penggembungan plastik selulosa bakterial polietilen glikol. Plastik dengan kualitas terbaik didapatkan dari plastik selulosa bakterial polietilen glikol 400 10,5% berdasarkan dari kuat tarik yang tinggi yaitu 4,46 kN/m. Selanjutnya dilakukan pengujian plastik selulosa bakterial polietilen hlikol 400 10,5% terhadap analisa FTIR dan XRD. Pada analisa FTIR menunjukkan adanya gugus fungsi pada selulosa bakterial namun tidak terdapat gugus fungsi barn pada selulosa bakterial polietilen glikol. Pada analisa kristalinitas menunjukkan dengan penambahan polietilen glikol akan memperbesar ukuran partikel plastik selulosa bakterial. Kata kunci: Selulosa Bakterial, Polietilen Glikol, Air Kelapa, Plasticizer, FTIR, XRD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2020 00:37
Last Modified: 30 Jan 2020 00:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24964

Actions (login required)

View Item View Item