Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Permana, Donny (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DONNY_PERMANA_15016006_5786_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu sebanyak 256 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 64 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 76,22. Kedua, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 75,86. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang sebesar 42, 12%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi. Keterampilan membaca siswa ditingkatkan dengan membaca pemahaman teks deskripsi dan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi juga perlu ditingkatkan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:41
Last Modified: 29 Jan 2020 06:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item