Pengembangan LKS Berbasis problem solving untuk mencapai Critical Thinking Skill pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Fisika SMA/MA.

Bungsu., Nadila Putri (2019) Pengembangan LKS Berbasis problem solving untuk mencapai Critical Thinking Skill pada Materi Alat Optik dan Pemanasan Global Fisika SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADILA_PUTRI_BUNGSU_15033036_5361_2019.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dalam pembelajaran fisika di SMA N 1 SUTERA guru sudah melakukan penilaian terhadap keterampilan 4C yaitu keterampilan komunikasi, keterampilan berfikir kritis, keterampilan kolaborasi dan keterampilan berfikir kreatif. Akan tetapi belum keempat keterampilan itu terlaksana sepenuhnya, terutama keterampilan berfikir kritis. Padahal keterampilan berfikir kritis sangat dibutuhkan siswa untuk bisa menyaring segala informasi yang sampai kepada rnereka disaat informasi bisa tersedia dimana saja dan kapan saja pada era digital ini. Disamping itu LKS yang digunakan di sekolah belum mengintegrasikan model pembelajaran yang mendukung untuk mencapai keterampilan berfikir kritis, Serta belum nampak adanya penerapan strategi pemecahan masalah dalam LKS yang digunakan sebagai upaya peningkatan keterampilan berfikir kritis. Penelitian ini termasuk kedalam jenis R&D (Research and Development) yang dikembangkan oleh Sugyono. Pada penelitian ini hanya dibatasi menjadi tujuh prosedur penelitian yang dimulai dari potensi dan masalah, pengurnpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk (praktikalitas), dan revisi produk. Untuk validasi produk dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli yang merupakan dosen fisika FMIPA Universitas Negeri Padang. Pada tahap validasi ini dilakukan penilaian terhadap produk yang didesain. Penilaian tersebut mencakup kelayakan penyajian hingga kegrafisan LKS. Selanjutnya, praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru fisika SMA N 1 SUTERA serta siswa kelas XI IPA 6 SMA N 1 SUTERA tahun ajaran 2019/2020. Setelah dilakukan validasi produk, diperoleh nilai validitas produk 84,25% yang merupakan hasil validasi oleh tiga orang tenaga ahli. Selanjutnya, hasil praktikalitas produk oleh guru diperoleh nilai praktikalitas 83,3% yang merupakan hasil praktikalitas oleh dua orang guru bidang studi fisika dan praktikalitas produk oleh siswa diperoleh nilai praktikalitas 81,2% yang merupakan nilai praktikalitas oleh siswa kelas XI IPA 6. Secara keseluruhan, LKS yang didesain berada dalam kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran fisika. Kata Kunci : problem solving, critical thinking skill, student worksheet

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:40
Last Modified: 29 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24957

Actions (login required)

View Item View Item