Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas IX SMPN 1 2x11 Kayutanam Tahon Pelajaran 2019/2020

Syarianti, Syarianti (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas IX SMPN 1 2x11 Kayutanam Tahon Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SYARIANTI_15029018_5727_2019.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil ulangan harian peserta didik kelas IX SMPN 1 2x 11 Kayutanam pada materi akar dan pangkat, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik belum optimal. Salah satu penyebab dari kurangnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik yaitu model pembelajaran yang belum optimal untuk melatih kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Pada penelitian ini, digunakan model pembelajaran creative problem solving yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving lebih baik dari yang menggunakan model pembelajaran langsung. J enis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan rancangan the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 1 2x 11 Kayutanam. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara pengundian, sehingga terpilih kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan IX 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay dengan menggunakan rubrik penskoran. Uji statistik data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata a=0,05 diperoleh p-value 0,047. Oleh karena p-value < a, maka Ho ditolak. Ini berarti bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan creative problem solving lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran langsung di kelas IX SMPN 1 2xl 1 Kayutanam Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:40
Last Modified: 29 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24955

Actions (login required)

View Item View Item