Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Nagari di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam

Widesma, Annisa Vira (2019) Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan Nagari di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_ANNISA_VIRA_WIDESMA_17208020_2903_2019.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Nagari Kamang Hilia, Nagari Kamang Mudiak, dan Nagari Magek, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan data primer dan data sekunder. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan metodepurposive sampling, dimana pemilihan informan berdasarkan pada karakteristik tertentu. Teknik pengumpulan data berupa penelitian lapangan dengan cara wawancara, focus group discussion (FGD), dan studi dokumentasi dengan sumber-sumber yang valid dan akurat. Teknik menguji keabsahan data dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber.Sedangkan teknik analisis data ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Implementasi nilai-nilai kearifan lokal dalam perencanaan pembangunan belum sepenuhnya berjalan dengan baik hal ini dikarenakan yang datang ketika musyawarah maupun hanya orang tertentu saja. 2) Implementasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pelaksanaan pembangunan belum berjalan dengan baik hal ini dikarenakan kerjasama yang dilakukan tidak sepenuhnya dengan swadaya masyarakat, 3) Faktor yang mempengaruhi implementasi nilai-nilai kearifan lokal ada dua bagian yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu a. Tingkat kesadaran Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, b. Kualitas dan pengelolaan SDM. Sedangkan faktor eksternal yaitu: a. Hubungan Pemerintah Nagari dengan Lembaga nagari, b. Citra lembaga nagari, c. Hubungan lembaga yang terdapat di nagari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:40
Last Modified: 29 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24952

Actions (login required)

View Item View Item