Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Berorientasi PISA Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP.

Afrilia, Cici (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Berorientasi PISA Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CICI_AFRILIA_17205053_6076_2019.pdf

Download (841kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik belum optimal. Pembelajaran disekolah belum membiasakan peserta didik menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah seperti soal-soal PISA. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelaj aran matematika berbasis penemuan terbimbing berorientasi model PISA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Harapan yang ingin dicapai adalah pemilihan dan penggunaan perangkat pembelajaran matematika yang tepat. Perangkat pembelajaran yang ditemui di lapangan belum memfasilitasi tercapainya proses pembelajaran siswa dalam mengkonstruksikan pengetahuan secara mandiri yang mengakibatkan rendahnya pemecahan masalah peserta didik. Untuk itu, perlunya perangkat pembelajaran matematika yang dapat memotivasi siswa benar-benar aktif dan mandiri dalam menyerap serta mengingat materi pelajaran. Maka dikembangkanlah perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing berorientasi model PISA untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII sekolah menengah pertama yang valid, praktis dan efektif. J enis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu yaitu preliminary research, prototype phase, dan assessment phase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lembang J aya. Pada fase preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis Peserta didik, dan analisis konsep. Pada fase prototype dilakukan perancangan RPP dan LKS berbasis penemuan terbimbing berorientasi model PISA untuk materi Bilangan. kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan produk. Pada fase assesment dilakukan penilaian dengan uji praktikalitas dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing berorientasi model PISA valid, praktis berdasarkan hasil validasi dari expert review, angket respon guru, respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksaan RPP berbasis penemuan terbimbing berorientasi model PISA. Selain itu, tingkat ketuntasan hasil tes akhir mencapai rata-rata 59% dan hasil tes akhir peserta didik mencapai rata-rata 70,56% 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:40
Last Modified: 29 Jan 2020 06:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24951

Actions (login required)

View Item View Item