Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII IPS SMAN 2 Padang.

Mariadi, Tia (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XII IPS SMAN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_TIA_MARIADI_15029085_5431_2019.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XII IPS SMAN 2 Padang masih rendah, karena proses pembelajaran belum optimal untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah menerapkan strategi pembelajaran REACT. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung dan mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik selama diterapkannya strategi pembelajaran REACT. Jenis penelitian adalah quasi-eksperiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasinya seluruh peserta didik kelas XII IPS SMAN 2 Padang tahun pelajaran 2019/2020. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Pembuktian hipotesis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan strategi REACT lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran langsung pada taraf oc= 0,05, serta perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan strategi REACT mengalami fluktuasi, hal ini dikarenakan pada saat mengerjakan kuis peserta didik dimungkinkan masih ada yang mengalami kesulitan dalam menyatakan peristiwa sehari-hari ke dalam simbol matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:00
Last Modified: 29 Jan 2020 01:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24941

Actions (login required)

View Item View Item