Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Topik Senyawa Organik.

Ritonga, Helmi Maulina (2019) Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Kimia pada Topik Senyawa Organik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_HELMI_MAULINA_RITONGA_15035027_5421_2019.pdf

Download (628kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur konten kurikulum 2013 pada materi senyawa organik berdasarkan taksonomi bloom revisi, Dyer, Dave, dan textbook standar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan Model of Educational Reconstruction (MER). Model ini terdiri dari tiga komponen yaitu: 1) analisis Struktur konten, 2) kontruksi pembelajaran, 3) pengembangan dan evaluasi pelajaran (studi empiris). Penelitian ini hanya dibatasi pada analisis struktur konten. Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tabel analisis KI-3, analisis KI-4, analisis KD, analisis hubungan KI-KD, dan analisis urutan materi. Analisis struktur konten didasarkan pada taksonomi Bloom, taksonomi Dyer, dan textbook standar kimia karangan James. E. Brady dan Fessenden. Sumber data penelitian diperoleh dari Permendikbud No 37 tahun 2018 mengenai kompetensi inti dan kompetensi dasar. Instrumen penelitian berupa tabel analisis terhadap struktur konten. Penelitian ini menghasilkan hasil analisis struktur konten berupa hubungan KI, KD, dan urutan materi pada topik senyawa organik. Hasil penelitian yang didapatkan pada analisis struktur konten yaitu: (1) Rumusan KI dan KD sudah cocok, (2) rumusan KD 3.9, 3.10, 3.11 sudah sesuai dengan taksonomi Bloom revisi, (3) pada KD 4.11 terdapat penggunaan aktivitas keterampilan yang kurang tepat, (4) keluasan materi pada KD 3.9, 3.10 dan 3.11 sudah sesuai dengan keluasan materi dari buku kimia SMA yang disahkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2) terdapat ketidaksesuaian urutan materi dengan kedalam materi dari buku textbook kimia karangan James E.Brady pada KD 3.9, 3.10 dan 3.11. Kata kunci: Analisis Struktur Konten, Model of Educational Reconstruction (MER), Senyawa Organik, Model Interaktif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:55
Last Modified: 28 Jan 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24925

Actions (login required)

View Item View Item