Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Profesi pada Program Keahlian Teknik Mesin dan Otomotif Bagi Siswa SMK Kelas X.

Maizendra, Roli (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Profesi pada Program Keahlian Teknik Mesin dan Otomotif Bagi Siswa SMK Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_ROLI_MAIZENDRA_16205045_5824_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis kompetensi profesi pada program keahlian tenik mesin dan otomotif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMK. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap penelaian. Pada penelitian pendahuluan, peneliti melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis konsep dalam matematika. Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKN 1 Padang Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan adalah lembar valiadasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Hasil analisis terhadap lembar validasi RPP dan LKPD menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid. Perangkat pembelajaran juga praktis berdasarkan hasil analisis terhadap angket respon guru, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. selain itu perangkat pembelajaran yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Katakunci :Perangkat Pembelajaran, Kompetensi Profesi, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pengembangan Plomp 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:55
Last Modified: 28 Jan 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24922

Actions (login required)

View Item View Item