Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Fluida terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Solok Selatan.

Saputri, Yunita Ela (2019) Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter menggunakan Model Discovery Learning pada Materi Fluida terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_YUNITA_ELA_SAPUTRA_15033050_5419_2019.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yaitu menciptakan interaksi antara siswa dengan sumber­ sumber belajar sehingga siswa merasakan efek pembelajaran. Setelah siswa melakukan pembelajaran diharapkan karakter atau tingkah laku siswa menjadi lebih baik sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar interaktif bermuatan karakter menggunakan model discovery learning terhadap pencapaian kompetensi siswa kelas XI SMA 7 Solok Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian Posttest Only Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 7 Solok Selatan. Teknik menentukan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan teknik purposive sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 2 untuk kelas eksperimen dan kelas XI MIA I sebagai kelas kontrol, jumlah siswa dari kedua kelas tersebut sebesar 50 siswa. Adapun instrumen yang digunakan untuk memperoleh data berupa lembar observasi sikap dan lembar posttest. Mengolah data penelitian ini dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata­rata, regresi linear sederhana dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk kompetensi sikap dan kompetensi pengetahuan. Hasil dari penelitian yang pertama hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Pada uji t ternyata terdapat perbedaan yang signifikan pada taraf nyata 0.05. Dari uji korelasi analisis product moment terdapat pengaruh pada kompetensi pengetahuan sebesar 24,88% dan kompetensi sikap sebesar 25.31 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang bearti dari penerapan bahan ajar interaktif bermuatan karakter menggunakan model discovery learning terhadap pencapaian kompetensi siswa Kelas XI SMAN 7 Solok Selatan sebesar 24.88% untuk kompetensi pengetahuan dan 25.31 % untuk kompetensi sikap. Keyword: Bahan Ajar, Nilai Karakter, Discovery Learning, Kompetensi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:55
Last Modified: 28 Jan 2020 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24919

Actions (login required)

View Item View Item