Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang.

Boni, Risa Melsi (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RISA_MELSI_BONI_15029043_5102_2019.pdf

Download (691kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan rendahnya hasil tes awal pemahaman konsep matematika peserta didik. Salah satu penyebabnya dikarenakan implementasi pembelajaran di kelas belum mampu mengembangkan pemahaman konsep matematika peserta didik secara optimal. Salah satu solusinya dengan menerapkan model Connecting Organizing Reflecting Extending. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan pemahaman konsep matematika peserta didik selama penerapan model CORE dan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model CORE lebih baik daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas VIII-3 dan kelas VIII-4. Instrumen penelitian ini berupa kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematika peserta didik yang berbentuk soal uraian yang kemudian dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf nyata a = 0,05 diperoleh P-value = 0,002. P-value< a, maka tolak H0. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Extending, Pemahaman Connecting Organizing Reflecting Konsep, Pembelajaran Langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:54
Last Modified: 28 Jan 2020 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24911

Actions (login required)

View Item View Item