Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Padang

N urhamida, N urhamida (2019) Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NURHAMIDA_15016068_5557_2019.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ( 1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi siswa SMP Negeri 13 Padang, (2) mendeskripsikan strategi bertutur dalam tindak tutur ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi siswa SMP Negeri 13 Padang, (3) Mendeskripsikan fungsi tuturan ekspresif bahasa Indonesia pada kegiatan diskusi siswa SMPN 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode simak. Teknik pengumpulan data adalah teknik perekaman. Peneliti merekam seluruh data dari awal sampai akhir PBM. Teknik untuk menganalisis data sebagai berikut. (1) mentranskripkan data hasil rekaman ke dalam bahasa tulis, (2) mengidentifikasi data tindak tutur ekspresif yang digunakan pada saat diskusi berlangsung, (3) mengklasifikasikan data berdasarkan bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur, dan (4) menarik kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut. Terdapat enam bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan siswa dalam diskusi, yaitu tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, tindak tutur ekspresif memohon maaf, tindak tutur ekspresif memuji, tindak tutur ekspresif mengkritik, tindak tutur ekspresif marah, tindak tutur ekspresif mengeluh. Keenam bentuk tindak tutur ekspresif tersebut dituturkan dengan menggunakan empat strategi bertutur, yaitu berterus terang tanpa basa-basi, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan bertutur samar-samar. Tindak tutur yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih dan yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur ekspresif memuji. Strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi lebih banyak digunakan dalam tuturan mengucapkan terima kasih agar tuturan tidak terkesan main-main. Fungsi tuturan ekspresif yang digunakan siswa bahasa Indonesia dalam diskusi adalah fungsi tuturan ekspresif mengucapkan terima kasih, fungsi tuturan ekspresif memohon maaf, fungsi tuturan ekspresif memuji, fungsi tuturan ekspresif mengkritik, fungsi tuturan ekspresif marah, dan fungsi tuturan ekspresif memgeluh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:19
Last Modified: 28 Jan 2020 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item