Pembuatan Handout Fisika Pembelajaran Kontekstual pada Materi Gelombang Berjalan, Stasioner, Bunyi dan Cahaya Kelas XI SMA/MA.

Saf, Khairul Ilham (2019) Pembuatan Handout Fisika Pembelajaran Kontekstual pada Materi Gelombang Berjalan, Stasioner, Bunyi dan Cahaya Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_KHAIRUL_ILHAM_SAF_15033113_5221_2019.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi manusia untuk dapat mengerti, paham, dan membuat lebih kritis dalam berpikir. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka. Pembelajaran fisika diharapkan bisa mengantarkan siswa untuk menerapkan materi-materi fisika di dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah diharapkan mampu menghadapi perkembangan zaman, mampu mengatasi tantangan yang kompleks, dan mampu menerapkan keterampilan serta ilmu pengetahuan dalam kehidupannya. Namun, kenyataan di sekolah bahan ajar yang digunakan siswa belum optimal dan tidak bervariasi. Solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi permasalahan ini adalah membuat bahan ajar dalam bentuk handout fisika pembelajaran kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas dan praktikalitas handout fisika pembelajaran kontekstual. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Objek penelitian adalah handout fisika pembelajaran kontekstual pada materi gelombang berjalan, stasioner, bunyi dan cahaya kelas XI SMA/MA. Penelitian ini memiliki enam tahapan yaitu mengenal potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, mendesain produk, memvalidasi produk, merevisi produk dan menguji coba produk dengan uji terbatas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar validitas dari tenaga ahli dan lembar praktikalitas dari guru mata pelajaran fisika serta lembar praktikalitas dari siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, nilai rata-rata validasi handout fisika pembelajaran kontekstual memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi. Kedua, nilai rata-rata praktikalitas handout fisika pembelajaran kontekstual menurut guru dan menurut siswa memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi. Jadi, dapat disimpulkan handout fisika pembelajaran kontekstual berada pada tingkat validitas dan kepraktisan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:57
Last Modified: 27 Jan 2020 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24878

Actions (login required)

View Item View Item