Teknik Penilaian Guru dalam Praktik Tari Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Anjani, Welly (2019) Teknik Penilaian Guru dalam Praktik Tari Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WELLY_ANJANI_15023152_5760_2019.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk untuk mengetahui teknik penilaian pembelajaran seni tari dan kendala yang di temui dalam merancang teknik penilaian pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Pulau Punjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis audiovisual dan smartphone. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi perpustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, mendeskripsikan data membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik penilaian yang dilakukan oleh guru Seni Budaya (Tari) di SMP Negeri 1 Pulau Punjung adalah penilaian unjuk kerja, penilaian produk, penilaian proyek, portofolio dan penilaian praktik. Sedangkan kendala dalam merancang teknik penilaian di SMP 1 Pulau Punjung adalah kesulitan dalam memilih materi dan kesulitan dalam menentukan indikator penilaian. Maka disimpulkan bahwa tidak semua penilaian berdasarkan kurikulum 2013 dapat di laksanakan secara maksimal, dan mengenai teknik penilaian lainnya tidak dapat di laksanakan dengan baik karena selain kendala siswa dan ruang latihan, dapat juga di lihat dari terbatasnya jam pelajaran seni budaya membuat guru sulit menerapkan semua teknik penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:56
Last Modified: 27 Jan 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24874

Actions (login required)

View Item View Item