Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan High Order Thinking Skill siswa kelas X MIPA SMAN3 Padang.

Rezki, lndra Kurniawan (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan High Order Thinking Skill siswa kelas X MIPA SMAN3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDRA_KURNIAWAN_15029055_5607_2019.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Abadke-21 menuntut siswa untuk memiliki berbagai kemampuan. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan siswa ialah kemampuan HOTS. Kemampuan ini dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional di SMAN 3 Padang. Tes akhir penelitian diuji berdasarkan tiga kriteria tingkatan soal berdasarkan taksonomi Bloom yaitu menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Non equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Simple Random Sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data dari penelitian ini ialah lembar tes tertulis yang telah melalui uji daya beda, tingkat kesukaran, validitas, dan reliabilitas. Data dari penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menyatakan kumpulan data dan uji perbandingan dua rata-rata untuk menarik kesimpulan terhadap populasi dalam penelitian. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih baik daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang pembelajarannya dengan model pembelajaran konvensional di kelas X MIPA SMA Negeri 3 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini berarti, model pembelajaran Discovery Learning memberikan pengaruh yang signifikan pada kemampuan HOTS siswa Kelas X MIPA SMAN 3 Padang pada tingkat kepercayaan 95%. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran matematika. Keywords: Discovery Learning, High Order Thinking Skill, model pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:56
Last Modified: 27 Jan 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24870

Actions (login required)

View Item View Item