Pemanfaatan Limbah Cair Pengolahan Singkong sebagai Bahan Baku Pembuatan Plastik Biodegradable dengan Penambahan Plasticizer Sorbitol

Primadeni, Chintya (2018) Pemanfaatan Limbah Cair Pengolahan Singkong sebagai Bahan Baku Pembuatan Plastik Biodegradable dengan Penambahan Plasticizer Sorbitol. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_CHINTYA_PRIMADENI_14036046_3487_2018.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Singkong merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Hasil samping dari bebagai jenis pengolahan singkong ini berupa limbah cair. Limbah cair ini umumnya hanya dibuang begitu saja, sehingga dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Salah satu manfaat dari limbah cair singkong adalah bahan baku pembuatan plastik biodegradable, karena pada limbah cair pengolahan singkong masih mengandung kadar pati yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan plasticizer sorbitol terhadap sifat fisik, mekanik, dan struktur plastik biodegradable dari limbah cair pengolahan singkong. Pada penelitian ini, pembuatan plastik biodegradable dilakukan dengan pencampuran 12 gram pati kering singkong dengan aquades, plasticizer sorbitol dan asam asetat yang kemudian dilakukan pemanasan hingga membentuk gel. Hasil maksimum yang diperoleh adalah pada penambahan plasticizer 3 mL dengan nilai kuat tarik 24,82 N/mm2 , elastisitas 3940,34 N/mm2 , dan persen pemanjangan 13, 90 %. Plastik biodegradable yang dihasilkan dapat mengalami degradasi selama 15 hari. Derajat penggembungan dari plastik biodegradable semakin meningkat dengan semakin bertambahnya plasticizer sorbitol. Dari hasil FTIR, penambahan plasticizer pada plastik biodegradable tidak menghasilkan gugus baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:56
Last Modified: 27 Jan 2020 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24868

Actions (login required)

View Item View Item