Pengaruh Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang

Sofyani, Wulandari Dwi (2018) Pengaruh Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_WULANDARI_DWI_SYOFYANI_14035016_3565_2018.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan modul larutan penyangga berbasis Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan model penelitian Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil secara acak dengan teknik Simple Random Sampling. Didapatkan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dapat diungkapkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan modul larutan penyangga berbasis Contextual Teaching and Learning memperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif sebesar 72,2 lebih tinggi dari pada kelas kontrol tanpa menggunakan modul larutan penyangga berbasis Contextual Teaching and Learning dengan nilai 66,7. Begitu juga dengan ranah psikomotor, rata-rata kelas eksperimen memperoleh nilai 84,l lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan nilai 77,9. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 didapatkan bahwa harga thitung(2,30)> ttabel(1,67) pada ranah kognitif dan thitung(2,12)> ttabel(1,67) pada ranah psikomotor. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa kelas kontrol secara signifikan (H1 diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul larutan penyangga berbasis Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:55
Last Modified: 27 Jan 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item