Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multipel Representasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA

Yunisa S, Winda (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Multipel Representasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_WINDA_YUNISA_S._14035102_3626_2018.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dan multipel representasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA. Efektivitas diuji untuk mengetahui modul layak atau tidak digunakan. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 dan MIPA 3. Subjek dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa.. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 20 soal objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Rata-rata selisih nilai tes awal dan tes akhir kelas eksperimen (65.7) dan kelas kontrol (53.1). Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa subjek terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, diperoleh nilai t ≥ t1-α yaitu 4.368 > 1.668 maka tolak Ho. Artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara signifikan. Hal ini juga didukung oleh nilai n-gain kelas eksperimen 0,7 dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data menunjukkan modul larutan penyangga berbasis inkuiri terbimbing dan multipel representasi terbukti efektif terhadap hasil belajar dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:55
Last Modified: 27 Jan 2020 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24857

Actions (login required)

View Item View Item