Diagnosa Hubungan Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) dengan Kesulitan Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Kota Solok

Yani, Siti Nur Wili (2018) Diagnosa Hubungan Pengetahuan Awal (Prior Knowledge) dengan Kesulitan Belajar pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_SITI_NUR_WILI_YANI_14035015_3665_2018.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Materi ikatan kimia merupakan materi yang dipelajari siswa kelas X semester ganjil untuk memahami konsep ikatan kimia memerlukan pengetahuan awal (prior knowledge). Pengetahuan awal siswa yang berbeda dari konsep ilmiah menjadi salah satu penyebab kesulitan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengungkapkan hubungan kesulitan belajar dengan pengetahuan awal siswa pada materi ikatan kimia di SMAN Kota Solok. Sampel yang digunakan yaitu 84 orang siswa. Penelitian dilakukan melalui dua kali tes diagnostik tingkat dua (two-tier) untuk materi pengetahuan awal ikatan kimia dan materi ikatan kimia. Hasil penelitian menunjukan siswa di SMAN Kota Solok mengalami kesulitan belajar dalam memahami konsep materi ikatan kimia dengan kriteria kesulitan belajar sangat tinggi pada (1)terbentuknya ikatan, (2)ikatan ion, (3)ikatan kovalen, ikatan tunggal, ikatan rangkap dua, ikatan rangkap tiga, (4)ikatan kovalen koordinasi, (5)ikatan polar dan non polar, (6)senyawa ion dan kovalen. Pengetahuan awal yang paling mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi ikatan kimia yaitu (1)konfigurasi elektron, (2)golongan dan periode, (3)sifat-sifat keperiodikan suatu unsur berdasarkan jari-jari, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan. Pengetahuan awal siswa yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:54
Last Modified: 27 Jan 2020 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24849

Actions (login required)

View Item View Item