Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Siswa

Dini, Raissa Elvia (2018) Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_RAISSA_ELVIA_DINI_15035134_4526_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Hidrolisis garam merupakan materi pelajaran kimia dikelas XI yang banyak mengandung pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan efektivitas multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Non-equivalent Control Group Design dan sampel penelitian diambil melalui teknik purposive sampling. Teknik analisis data hasil belajar dengan menggunakan SPSS 15.0 forwindows dan persentase KKM. Teknik analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen, sehingga dilakukan uji-t. Dari hasil analisis uji-t dengan independent sampel t-test diperoleh (sig) t < 0,05 dimana H0 ditolak. Hasil penelitian didapatkan bahwa N-gain kelas eksperimen (0,51) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (0,42). Berdasarkan analisis data persentase KKM yang diperoleh oleh siswa kelas eksperimen (88,89%) lebih tinggi daripada kelas kontrol (68,57%). Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran interaktif (MPI) berbasis inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 07:12
Last Modified: 24 Jan 2020 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24840

Actions (login required)

View Item View Item