Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle SE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung.

Nora, Mettia (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle SE Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_METTIA_NORA_15029105_5512_2019.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh peserta didik. Namun kegiatan pembelajaran di sekolah belum optimal memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan pemecahan masalah matematis sehingga hasil tes yang diperoleh di SMPN 2 Lubuk Alung menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model Learning Cycle 5E. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Static Group Design. Populasinya seluruh peserta didik Kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen, kelas IX 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh P-value = 0,005 dimana P-value kurang dari a= 0,05, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik daripada peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:41
Last Modified: 24 Jan 2020 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item