Efektivitas Penggunaan Modul Redoks dan Sel Elektokimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA

Azumar, Ovi Rosita (2018) Efektivitas Penggunaan Modul Redoks dan Sel Elektokimia Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_OVI_ROSITA_AZUMAR_14035086_4125_2018.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Tersedianya modul redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning yang telah diuji validitas dan praktikalitasnya, tetapi belum diuji efektivitasnya. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas modul materi redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas XII IPA 5 menggunakan modul redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning dan kelas XII IPA 4 menggunakan buku kimia kurikulum 2013. Instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar, LK dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan untuk nilai N-gain kelas eksperimen 0,70 dan kelas kontrol 0,53. Pada teknik pengolahan data dengan IBM SPSS Software 25 untuk uji sampel diperoleh sampel terdistribusi normal dan homogen seta uji t dengan nilai thitung (4,368) > ttabel (1,671) menujukkan modul redoks dan sel elektrokimia dapat meningkatkan hasil belajar. Analisis efektivitas modul menunjukkan persentase ketuntasan belajar 73,53% (tinggi), N-gain (70%), dan LK 92,79% (sangat tinggi), serta LKS (92,74) dengan rata-rata 82,27% (sangat tinggi). Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XII SMAN 1 Nan Sabaris. Temuan penelitian menunjukkan modul redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning dapat digunakan sesungguhnya dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:41
Last Modified: 24 Jan 2020 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item View Item