Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang.

Febriani, Fitri (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelaj aran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_FITRI_FEBRIANI_15029033_5247_2019.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Motivasi belajar juga tidak dapat diabaikan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan tes awal kemampuan pemahaman konsep, diketahui kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik masih rendah. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung dan mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Make A Match. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian kuasi eksprimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan Randomized Control Group Only Design dan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 3 Padang Panjang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik random sampling, kelas VIII.E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar. Berdasarkan analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 diperoleh P-value = 0,00, karena P-value < a maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match termasuk dalam kriteria tinggi, namun rata-rata motivasi belajar peserta didik pada setiap indikator motivasi mengalami peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan motivasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Motivasi Belajar i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:40
Last Modified: 24 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item View Item