Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbin Pada Materi Fluida Statik dan Fluida Dinamik di Kelas XI SMA/MA.

Tiur.S., Nurhijjah (2019) Pembuatan LKS Berorientasi HOTS dalam Model Inkuiri Terbimbin Pada Materi Fluida Statik dan Fluida Dinamik di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NURHIJJAH_TIUR.S_15033116_5057_2019.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Belajar fisika tidak dapat dilaksanakan hanya dengan menghafal, mendengarkan, dan melihat tanpa mengalami.Pembelajaran fisika menuntut siwa agrar dapat berpikir kritis, kreatif, memiliki keterampilan problem solving, dan mampu mengambil keputusan.Agar siswa mendapatkan pelajaran yang bermakna pada mata pelajaran fisika, siswa perlu menemukan sendiri konsep yang ingin dipahami.Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat.Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi fluida statik dan fluida dinamik yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Langkah pengembangan yang dilakukan berpedoman pada sepuluh langkah R&D yang dikemukakan oleh Sugiyono.lnstrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas menurut guru dan lembar uji praktikalitas menurut siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif . Berdasarkan analisis data yang dilakukan, terdapat tiga hasil penelitian. Pertama, deskripsi produk didapatkan bahwa desain LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi fluida statik dan fluida dinamik ini terdiri dari Cover, petunjuk belajar, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran, teori pendukung, orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, kesimpulan, dan latihan. Kedua, LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi fluida statik dan fluida dinamik memiliki nilai validitas yang tinggi yaitu 86,65 untuk materi Fluida statik dan 81,375 untuk materi fluida dinamik. Ketiga, penggunaan LKS berorientasi HOTS dalam model inkuiri terbimbing pada materi fluida statik dan fluida dinamik adalah sangat praktis menurut guru fisika dan siswa masing-masing dengan nilai 94,45 dan 84,87. Kata Kunci : LKS, HOTS, inkuiri terbimbing, fluida statik, fluida dinamik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:40
Last Modified: 24 Jan 2020 04:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item View Item