Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dendang dengan Menggunakan Metode Belajar Mandiri di SMK Negeri 7 Padang

Lusiana, Herlin (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dendang dengan Menggunakan Metode Belajar Mandiri di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HERLIN_LUSIANA_15023011_5729_2019.pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui apakah penggunaan metode belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan untuk memberikan solusi bagi guru dalam permasalahan manajemen waktu pada mata pelajaran dendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat perekam, kamera, infocus dan alat tulis. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalahobservasi, dokumentasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisi data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar mandiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dendang kelas XI jurusan Karawitan SMKN 7 Padang. Metode ini dianggap tepat karena dapat mengoptimalkan penggunaaan waktu serta materi pada mata pelajaran dendang. Penjelasan materi dan praktek dapat tercapai optimal dikarenakan siswa juga dapat memanfaatkan waktu belajar diluar kelas secara berkelompok. Efeknya adalah siswa dapat bertukar pikiran dengan teman sebaya serta lebih luwes untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:39
Last Modified: 24 Jan 2020 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24812

Actions (login required)

View Item View Item