Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Adi, Barkah Setiawan (2019) Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 13 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_BARKAH_SETIAWAN_ADI_15029002_5608_2019.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataan bahwa sebagian besar peserta didik merasa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika karena kemampuan representasi matematis peserta didik SMPN 13 Padang masih rendah berdasarkan hasil dari tes kemampuan matematis awal. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik adalah Collaborative Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah kemampuan representasi maternatis peserta didik dengan model pembelajaran Collaborative Problem Solving lebih baik dari pada kemampuan representasi peserta didik dengan model pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metodc quasi experiment dengan Nonequivalent posttest-only control group design. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 277 peserta didik pada tingkatan kelas VIII dan sampel sebanyak 61 peserta didik dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran Collaborative Problem Solving dan kelas kontrol diajar dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik Simple Random Sampling. Dari 9 kelas yang ada, terpilihlah kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan representasi matematis berbentuk soal uraian. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis yaitu uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh harga thitung > ttabel . Dengan demikian, kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar dengan model pcmbelajaran Collaborative Problem Solving lebih baik dibandingkan kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:39
Last Modified: 24 Jan 2020 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24810

Actions (login required)

View Item View Item