Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki dengan Akurasi Shooting Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh

Rahman, Muhammad Abdul (2019) Hubungan Kekuatan Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki dengan Akurasi Shooting Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUHAMMAD_ABDUL_RAHMAN_1306652_1157_2019.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu akurasi shooting yang dilakukan Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh belum tepat sasaran atau belum akurat. Banyak faktor yang menyebabkannya belum akuratnya tendangan ke gawang pemain tersebut, diantaranya adalah faktor daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan kontribusi antara daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki dengan akurasi shooting. Jenis penelitian adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh yang masih aktif mengikuti latihan yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan demikian jumlah sampel di dalam penelitian ini adalah sebanyak 24 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel yaitu tes konsentrasi, kekuatan otot tungkai dan akurasi tendangan ke gawang. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan yaitu: 1) Terdapat hubungan yang signifikasi antara daya ledak otot tungkai dengan akurasi akurasi shooting Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh, dan diterima kebenarannya secara empiris serta berkontribusi sebesar 27,04% 2). Terdapat hubungan yang signifikasi antara koordinasi mata-kaki dengan akurasi shooting ke gawang Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh, dan diterima kebenarannya secara empiris, serta berkontribusi sebesar 20,79%. 3) Terdapat hubungan yang signifikasi daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama dengan akurasi tendangan ke gawang Pemain Sekolah Sepakbola Mandala Kota Payakumbuh, dan diterima kebenarannya secara empiris serta berkontribusi sebesar 35,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:41
Last Modified: 24 Jan 2020 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24809

Actions (login required)

View Item View Item