Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Bahan untuk Kelas IX SMP/MTs

Firdaus, Nandi (2018) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Sifat Bahan untuk Kelas IX SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NANDI_FIRDAUS_1301764_3221_2018.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran IPA berbasis inkuri terbimbing pada materi sifat bahan untuk kelas IX SMP/MTs, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan (1974) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) desseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket validitas dan praktikalitas. Data dari angket tersebut dianalisis menggunakan formula Kappa Cohen. Hasil dari analisis angket validitas diperoleh tingkat kevalidan modul pada kategori tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,79 dan tingkat kepraktisan pada kategori tinggi dengan nilai momen kappa 0,79 berdasarkan angket respon guru, dan memiliki kategori kepraktisan sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,84 berdasarkan angket respon siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi sifat bahan yang dihasilkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:39
Last Modified: 24 Jan 2020 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item