Pembuatan Tool Pemodelan Eksperimen Bandul Matematis dengan Pengontrolan Panjang Tali Otomatis untuk Analisis Video Tracker.

Yani, Yani (2019) Pembuatan Tool Pemodelan Eksperimen Bandul Matematis dengan Pengontrolan Panjang Tali Otomatis untuk Analisis Video Tracker. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_YANI_15034041_5599_2019.pdf

Download (936kB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan suatu ilmu yang menarik di dunia. Alasannya adalah ilmu fisika mampu menjelaskan fenomena dan gejala fisika yang terjadi di dunia. Salah satu fenomena di dalam fisika, yaitu gerak harmonis sederhana pada bandul matematis.Fenomena fisika dapat diamati melalui eksperimen dengan memanfaatkan instrumen penelitian. Dari hasil observasi diketahui bahwa data eksperimen bandul matematis hanya terbatas pada waktu osilasi dan jumlah ayunan. Selain itu, instrumen yang digunakan saat ini memiliki keterbatasandalam eksperimen bandul matematis. Salah satu solusi untuk mengatasi keterbatasan ini yaitu dengan menggunakantool pemodelan eksperimen bandul matematis dengan pengontrolan panjang tali otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ketepatan dan ketelitian pengontrolan panjang tali, menentukanspesifikasi performansi tool pemodelan eksperimen bandul matematis, menentukan ketepatan dan ketelitiantool pemodelan eksperimen bandul matematis, dan menentukan pengaruh perubahan panjang tali pada tool pemodelan eksperimen bandul matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian rekayasa yang merupakan kegiatan perancanganyang tidak rutin, sehingga didalamnya terdapat kontribusi baru, baik dalam bentuk proses maupun produk. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pengukuran secara langsung dilakukan dengan memvariasikan panjang tali pada tool pemodelan eksperimen bandul matematis. Pengukuran secara tidak langsung untuk menentukan ketepatan dan ketelitian dari tool pemodelan eksperimen bandul matematis. Berdasarkan analisis data dapat dinyatakan empat hasil penelitian. Pertama, ketepatan rata-rata pengontrolan panjang tali menggunakan motor stepper sebesar 99,40% dengan persentase kesalahan 0,59%. Ketelitian rata-rata pengukuran panjang tali sebesar 99,81% dengan kesalahan rata-rata sebesar 0,17%. Kedua, spesifikasi performansi tool pemodelan eksperimen bandul matematis ini terdiri dari motor stepper berfungsi sebagai penggulung tali dan statif sebagai tempat meletakan motor stepper, rangkaian elektronika terdiri dari power supply, driver stepper motor, LCD, dan keypad. Ketiga, ketepatan rata-rata dari tool pemodelan eksperimen bandul matematis sebesar 97,53% dengan kesalahan rata-rata sebesar 2,45%. Ketelitin rata-rata dari tool pemodelan eksperimen bandul matematis sebesar 98,83% dengan kesalahan rata-rata sebesar 1,19%. Keempat,penggunaan tali yang semakin panjang menghasilkan perioda yang semakin besar dengan frekuensi semakin kecil. Percepatan rata-rata gravitasi hasil pengukuran sebesar 9,95 m/s' dengan persentase kesalahan rata-rata 1,50% Kata kunci : Gerak harmonis sederhana, Bandul matematis, Software tracker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jan 2020 04:36
Last Modified: 24 Jan 2020 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24795

Actions (login required)

View Item View Item