Samhuliya, Diranur (2019) Pengembangan Booklet Pola-Pola Hereditas pada Makhluk Hidup sebagai Suplemen Bahan ajar Genetika Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_DIRANUR_SAMHULIYA_15031032_5484_2019.pdf Download (494kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui bagaimana cara mengembangkan booklet pola-pola hereditas pada makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar genetika di SMA, 2) mengetahui bagaimana tingkat kevalidan booklet pola-pola hereditas pada makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar genetika di SMA, 3) mengetahui bagaimana tingkat kepraktisan booklet pola-pola hereditas pada makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar genetika di SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah Four-D Model yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Uji validitas Booklet dilakukan oleh 1 ahli materi dan 1 ahli media dan uji praktikalitas dilakukan oleh 1 orang guru mata pelajaran Biologi dan 30 orang peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Pariaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata semua aspek adalah 91,00% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil uji praktikalitas diperoleh nilai rata- rata semua aspek adalah 85,62% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah pengembangan booklet pola-pola hereditas pada makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar genetika memenuhi kategori sangat valid dan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan. Kata Kunci: booklet, suplemen, genetika, validitas, praktikalitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1 |
Depositing User: | Mutia Farida |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 04:36 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 04:36 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24794 |
Actions (login required)
View Item |