Pengaruh Pendekatan APOS (Action, Process, Object, Schema) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Kelas XI IP A SMA Adabiah Padang.

Mardiana, Mardiana (2019) Pengaruh Pendekatan APOS (Action, Process, Object, Schema) terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Kelas XI IP A SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_MARDIANA_15029012_1966_2019.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis adalah kemampuan dasar yang hams dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPA SMA Adabiah Padang masih rendah dan pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Solusi yang diterapkan adalah pendekatan APOS yang dapat membuat peserta didik mengkonstruksi konsep dengan baik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik setelah diberi perlakuan pendekatan APOS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum diberi perlakuan pendekatan APOS dan bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik setelah diterapkan pendekatan APOS. Jenis penelitian adalah penelitian pra-eksperimen dan penelitian deskriptif dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan kuis yang dinilai dengan rubrik penskorran. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dan uji t. Dari analisis data N-Gain didapat bahwa 2 orang peserta didik berada pada kategori sedang dan 34 orang peserta didik pada kategori tinggi. Berdasarkan uji t disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik setelah diberi perlakuan pendekatan APOS lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum diberi perlakuan pendekatan APOS dan terjadi perkembangan besar pada pemahaman konsep matematis yang pada pretest tidak ada yang memperoleh skor maksimal setiap indikatomya namun pada posttest terdapat 7 orang peserta didik memperoleh nilai maksimal untuk setiap indikator. Kata kunci : APOS (Action, Process, Object, Schema), pemahaman konsep matematis,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:57
Last Modified: 23 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24778

Actions (login required)

View Item View Item