Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Pada Topik Ikatan Kimia.

Andayani, Yusi (2019) Analisis Struktur Konten Kurikulum 2013 Pada Topik Ikatan Kimia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_YUSI_ANDAYANI_15035050_5532_2019.pdf

Download (478kB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 masih belum terlaksana sepenuhnya disekolah­ sekolah, dengan ditemukannya berbagai masalah seperti adanya ketidaksesuaian antara KI dan KD, ketidaksesuaian materi dengan ruang lingkup pada teks pelajaran kurikulum 2013 dari segi keluasan dan kedalaman materi. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis lebih lanjut tentang struktur konten kurikulum 2013 revisi 2018.Analisis konten dilakukan dengan menganalisis kedalaman dan keluasan materi.Keluasan dibatasi pada buku SMA terbitan kemendikbud, kedalaman dibatasi pada buku textbook kimia karangan James E. Brady.Analisis struktur konten dilakukan pada topik ikatan kimia.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian struktur konten kurikulum 2013 kimia pada topik ikatan kimia berdasarkan taksonomi Bloom revisi, domain keterampilan dan textbook standar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan Model of Educational Reconstruction(MER)dibatasi pada tahapan analisis struktur konten. Teknik pengumpulan data menggunakan library research dan teknik analisa data menggunakan Miles dan Huberman, serta instrumen yang digunakan berupa tabel analisis struktur konten.Penelitian ini menghasilkan analisis struktur konten hubungan KI, KD dan materi pada topik ikatan kimia. Kata Kunci: Analisis, Kurikulum 2013, Struktur Konten, Keluasan Materi, Kedalaman Materi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:57
Last Modified: 23 Jan 2020 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item